Senin, 05 Maret 2012

Bambang Eka : Buruh Masih Lemah



KEDAIBERITA.COM – JAKARTA – Ketua Umum Gabungan Serikat Pekerja Merdek Indonesia (Gaspermindo) priode 2012-2017, Bambang Eka, berharap bahwa pihaknya ingin memperkuat serikat buruh dan membangun basis-basis untuk lebih kuat.

"Jelas terpilihnya saya menjadi ketua umum Gapermindo jelas beban berat karena persoalan semakin tidak menguntungkan untuk serikat pekerja saat ini," ujar Bambang usai pemilihan Ketua Umum DPP Gaspermindo yang digelar di Hotel Horison, Kota Bandung, Jl. Pelajar Pejuang 45, Bandung, Jawa Barat, Minggu (04/03/12) petang.

Sebagai ketua yang terpilih Bambang mengatakan, kemajuan suatu organisasi menjadi tugasnya untuk memperkuat serikat buruh dan membangun basis-basis kuat. Pasalnya, dalam hal itu sehingga buruh bisa mengadvokasi dirinya.

"Ya tugas kita ingin memperkuat serikat buruh dan ingin membangun basis-basis kuat supaya buruh bisa mengadvokasi dirinya," kata Bambang kepada kedaiberita.com.

Ia menjelaskan, jika serikat buruh kuat maka advokasi pun akan kuat. “Karena selama ini kita melihat organisasi itu sekedar kekuatan tingkat Elit, tetapi dibawahnya tidak paham berserikat. Sehingga banyak sekali bahwa kalau didalam politik ini buruh itu tidak mendapatkan perwakilan ditingkatan DPR maupun ditingkat penentu kebijakan," jelas sang Ketua Umum Gaspermindo yang baru terpilih.

Bambang menilai, saat ini kondisi buruh masih lemah dalam persoalan paham politik. Sehingga kuncinya ada pada organisasi.

"Karena tadi buruh belum paham politik. Politik buruh belum benar, kuncinya ada di organisasi, kalau organisasi kuat maka buruh sadar politik, sehingga tingkat kebijakan itu betul-betul akan berpihak kepada buruh setidaknya memberikan perlindungan kepada buruh," katanya.

Melalui program-program Organisasi tentu buruh akan menjadi kuat, sehingga buruh harus menetapkan orang ditingkat kebijakan.

"Kita ingin buruh menjadi kuat melalui program-programnya seperti apa sehingga buruh harus mampu menetapkan orang ditingkat kebijakan," pungkas Bambang.

Perlu diketahui sebelumnya saat menyampaikan Visi dan Misi Bambang berjanji bahwa kepengurusan mendatang akan berupaya menata konsolidasi organisasi, penguatan advokasi dan pembaharuan manajemen Gaspermindo.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More